Senin, 18 Februari 2013

Tips Lengkap Untuk Mendapatkan Pekerjaan.....

Curriculum Vitae (CV)
Quote:Agar dipanggil wawancara kerja, Anda harus menyiapkan curriculum vitae (CV) yang membuat pewawancara tertarik untuk membaca dan melihat Anda lebih jauh lagi. Sayangnya, banyak yang masih menganggap remeh surat lamaran kerja tapi berharap 'rezeki' datang kepada mereka. CV adalah langkah awal dan paling penting untuk mendapatkan pekerjaan, CV dibuat dengan struktur yang baik & ringkas, oleh karena itu Anda harus memerhatikannya dengan seksama. Berikut ini beberapa tips penting dalam penulisan CV.
Spoilerfor 1. Informasi yang Benar:
Quote:1. Informasi yang Benar
Sebaiknya agan mengisi segala informasi dengan benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. Jangan kita paksakan misalnya harusnya umur sudah tidak sesuai dengan batas minimal perusahaan yang dituju tapi malah memaksakan.


Spoilerfor 2. Lengkap & Padat:
Quote:2. Lengkap & Padat
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang sekiranya bisa menunjang profil agan di mata staf personalia atau user. Misalnya pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.

Yang pasti kita membuat tulisan CV itu singkat padat tapi bisa menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching.


Spoilerfor 3. Mudah Dibaca:
Quote:3. Mudah Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja agan terorganisir & mudah dibaca. Font tulisan cukup besar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang & bertele-tele. Pastikan agan menulis kalimat yang baik & tidak diulang-ulang.


Spoilerfor 4. Teliti Sebelum Mengirim:
Quote:4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV & surat lamaran, periksa terlebih dulu resume agan & jangan sampai ada yang salah tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, agan juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.


Spoilerfor 5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung:
Quote:5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung
Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Bisa juga prestasi yang pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

Prestasi juga perlu ditulis seperti lomba nyanyi. Nggak masalah, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu hanya sebagai informasi tambahan. Dengan begitu bisa dinilai kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi hanya menjadi info tambahan.


Spoilerfor 6. Maksimum Dua Halaman:
Quote:6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti. Hanya profesional atau orang yang sudah pernah memegang jabatan tinggi yang memiliki segudang pengalaman yang harus dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.


Spoilerfor 7. Subjek Jelas:
Quote:7. Subjek Jelas
Jika mengirim surat lamaran lewat email, pastikan subjek yang agan cantumkan jelas (misalnya: 'CV marketing' atau 'calon reporter'). File attachment juga harus jelas, seperti 'lampiran portfolio' atau 'contoh tulisan'.


Spoilerfor 8. Foto:
Quote:8. Foto
Tidak sedikit pelamar yang asal menaruh foto di CV mereka. Misalnya saja foto diambil dengan handphone yang kualitas kameranya kurang baik sehingga tampak buram. Ada juga yang menaruh foto dengan latar belakang restoran, pemandangan, di mobil atau kamar tidur.

Foto seperti itu menunjukkan belum terlihat dewasa. User mau melihat orang yang sudah siap. Sebaiknya buat foto yang mengesankan tampil profesional & rapi.


Spoilerfor 9. Covering Letter:
Quote:9. Covering Letter
Saat mengirimkan surat lamaran via email, mungkin banyak dari agan-agan sekalian yang lupa menuliskan kata pengantar di body email. Seringkali yang terjadi adalah agan mengirimkan surat lamaran & CV dengan melampirkannya di attachment. Sementara di body email agan tidak menuliskan apapun.

Covering letter ini penting. Sebenarnya lebih penting dari CV. Dari sana kesan pertama terbentuk.

Sebaiknya tulis covering letter yang bisa menjual. Kenapa agan melamar, apa yang agan ketahui mengenai perusahaan, pernah melaksanakan pekerjaan serupa atau nggak. Pokonya buat sepersonal mungkin.


Spoilerfor 10. Format CV:
Quote:10. Format CV
Beberapa dari agan mungkin ada yang membuat CV dengan kreatif bukan hanya dengan format tulisan secara formal. Tapi agan harus mempertimbangkan apakah nantinya format CV tersebut bisa dibaca pihak user atau HRD. Bagaimana kalau dibaca sama manajer HR yang sudah berumur 40-an, dia belum tentu bisa mengerti. Jadi sebaiknya apapun format CV agan, buat yang bisa memudahkan orang lain untuk membacanya.

Sebagai tambahan, format CV sebaiknya disesuaikan dengan perusahaan yang dituju. Misalnya kalau perusahaan bergerak di bidang desain atau advertising perlu desain yang keren, bagus, eye catching. Kalau ke perbankan lalu buat desainnya kayak anak-anak ya itu kurang tepat.


Spoilerfor 11. Nama Email:
Quote:11. Nama Email
Tidak sedikit pelamar yang menggunakan email dengan nama berkonotasi negatif. Email seperti ini bisa menunjukkan agan tidak profesional. Sebaiknya buat email dengan nama yang lebih formal.



Quote:Quote:Wawancara Pekerjaan
Quote:Pengetahuan yang Wajib Diketahui Setiap Pelamar Sebelum Menghadapi Wawancara Pekerjaan

Semua orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya saat dipanggil wawancara kerja. Sebelum mengikuti wawancara, siapkan diri agan terlebih dahulu dengan berbagai pengetahuan.

Seorang pelamar harus tahu mengenai profil perusahaan yang dituju. Yang penting agan harus tahu bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Selain mengerti area bisnis dalam perusahaan, agan perlu tahu tuntutan pekerjaan pada bagian yang agan tuju. Misalnya melamar ke perusahaan advertising tapi memilih bagian keuangan, agan harus tahu & menguasai bidang tersebut karena nanti akan ditanya seberapa mampu agan mengembangkan perusahaan. Itu memperlihatkan jika agan memiliki niat yang besar untuk bergabung dalam perusahaan.

Kalau agan bisa mengetahui profil pewawancara sebelum wawancara itu akan lebih bagus. Malah kalau bisa agan sudah tahu akan di wawancara oleh siapa, GM, manajer HRD ataupun manajer divisi yang bersangkutan.
Selain pengetahuan, agan juga perlu menyiapkan diri sebelum proses tes wawancara kerja, seperti tidak datang terlambat, memperhatikan pakaian sebelum berangkat, dan terakhir kepercayaan diri mengikuti wawancara kerja.

Quote:Penampilan Pelamar Bisa Pengaruhi 80% Hasil Wawancara Kerja

Ada beberapa perusahaan yang 80 persen penilaiannya dilihat dari cara berpakaian si pelamar. Namun ada pula perusahaan yang memberikan penilaian 50 persen untuk penampilan sisanya berdasarkan jawaban-jawabannya. Memang agak subyektif sih.

Penampilan memang penting dipertimbangkan sebelum melakukan wawancara karena bisa mempengaruhi persepsi user saat pertama kali bertemu. contoh, misalnya ada seorang pelamar yang datang hanya memakai sandal sehingga pewawancara sudah beranggapan bahwa pelamar tidak serius mau bekerja.

Oleh karena itu, ada baiknya agan memperhatikan penampilan. Bahkan bila memungkinkan membawa baju cadangan. Pakaian cadangan berguna untuk mengganti baju agan bila lecek, keringetan, atau terkena noda makanan. Carilah pakaian yang membuat agan tampak profesional agar meyakinkan pewawancara bahwa agan siap bergabung dalam perusahaan.
Bahasa Tubuh & Sikap yang Bisa Menentukan Agan Gagal atau Diterima Kerja

Spoilerfor 1. Membetulkan Pakaian:
Quote:1. Membetulkan Pakaian
Buat kesan pertama yang baik sejak awal dipanggil wawancara kerja. Salah satunya adalah dengan tidak membetulkan pakaian ketika agan masuk ke dalam ruangan wawancara. Hindari masuk ke ruangan sambil membetulkan celana atau dasi. Persiapkan busana yang agan pakai dengan baik sebelum dipanggil ke dalam ruangan.


Spoilerfor 2. Bersalaman:
Quote:2. Bersalaman
Saat bersalaman usahakan agan tidak menekan telapak tangan wawancaraer terlalu keras. Tapi jangan juga terlalu cepat melepaskan tangan sehingga mengesankan agan tidak ingin bersentuhan dengan pewawancara. Berikan sapaan dengan bahasa yang tepat dan santun, coba semaksimal mungkin memberikan citra positif di hadapan pewawancara.


Spoilerfor 3. Kontak Mata:
Quote:3. Kontak Mata
Mulai dari bersalaman hingga menjawab pertanyaan pewawancara, lakukan kontak mata. Jangan sampai agan melamun atau memberikan tatapan kosong selama wawancara berlangsung. Berikan jawaban jelas, & tidak bertele-tele. Saat menjawab pun agan harus tetap menjaga kontak mata dengan pihak user.


Spoilerfor 4. Menggaruk Belakang Kepala atau Leher:
Quote:4. Menggaruk Belakang Kepala atau Leher
Bahasa tubuh ini bisa membuat pewawancara berpikir kalau agan tidak tertarik dengan ucapannya.


Spoilerfor 5. Menyentuh Hidung:
Quote:5. Menyentuh Hidung
Sering menyentuh hidung bisa mengindikasikan agan tidak benar-benar jujur dan tentu saja mengesankan agan jorok.


Spoilerfor 6. Menyilangkan Tangan di Depan Dada:
Quote:6. Menyilangkan Tangan di Depan Dada
Bahasa tubuh ini menunjukkan agan tidak ramah & menjaga jarak dengan pewawancara.


Spoilerfor 7. Menyilangkan dan sambil menggoyangkan kaki:
Quote:7. Menyilangkan dan sambil menggoyangkan kaki
Posisi duduk ini mengganggu dan menunjukkan agan merasa tidak nyaman.


Spoilerfor 9. Berbohong:
Quote:9. Berbohong
Kesalahan pelamar ketika menghadapi pertanyaan pewawancara salah satunya tidak memberikan jawaban yang sesungguhnya & tidak bisa memberikan jawbaan yang tajam, sehingga tidak menggambarkan dirinya yang sebenarnya.


Spoilerfor 10. Kurang konsentrasi & melamun:
Quote:10. Kurang konsentrasi & melamun
Banyak pelamar yang kurang konsentrasi sehingga membuat berbagai kesalahan di hadapan pewawancara. sehingga membuat terkesan banyak melamun & tidak bisa menyimak dengan baik pembicaraan seseorang. Kesalahan yang seperti ini akan mengurangi penilaian wawancara. Sehingga agan mengucapkan ‘mohon maaf apa yang dimaksud?’ nanti user-nya mikir, nih anak nggak nyambung atau ngelamaun terus sih.


Spoilerfor 11. Menjawab Pertanyaan Terlalu Singkat:
Quote:11. Menjawab Pertanyaan Terlalu Singkat
Menjawab pertanyaan dengan singkat tanpa penjelasan seolah agan tidak ada usaha untuk membina komunikasi yang baik dengan pewawancara.

Akan tetapi, terlalu banyak bicara atau menjawab pertanyaan panjang-lebar juga tidak baik dilakukan saat wawancara karena terkesan bertele-tele. Makanya tetap fokus dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.


Spoilerfor 12. Menggunakan Kalimat yang Tidak Profesional:
Quote:12. Menggunakan Kalimat yang Tidak Profesional
Hindari menggunakan kalimat-kalimat yang tak terkesan profesional, seperti 'eh gua', 'lu'. Agan harus bisa bersikap santun, berbicara dengan bahasa yang baik, serta menggunakan percakapan formil. Namun bila pewawancara orangnya cenderung santai & perusahaan tersebut juga bukan perusahaan yang 'terlalu serius' agan bisa menjawab pertanyaan dengan santai, tapi tetap mengendalikan diri. Ingat agan seorang pelamar kerja yang sedang mencari penilaian dari calon user agan. Hindari pula kata 'ah', 'apa?', atau sederet kata lainnya yang membuat agan terkesan tidak fokus. Jika memang tidak mengerti pertanyaan pewawancara sebaiknya menanyakan kembali namun dikemas dengan baik.

Sebagai contoh, pewawancara memberikan pertanyaan yang panjang & agan tidak mengerti maksud pertanyaan tersebut. Coba menjawab dengan mengulang kalimatnya, seperti ini ‘yang dimaksudkan Bapak pada tahun 2000 itu...’, mencoba merangkum kembali pertanyaan yang dia tujukan, bukan menjadi 'maksudnya, Pak?' atau 'apa?', bias-bisa si pewawancara ilfil nanti.


Spoilerfor 13. Menjaga Emosi dan Perasaan:
Quote:13. Menjaga Emosi dan Perasaan
Jangan sampai menjelek-jelekkan perusahaan dulu tempat agan bekerja karena bisa mengurangi penilaian. Masalah agan & perusahaan terdahulu tidak seharusnya diperbincangkan saat wawancara.

Daftar Pertanyaan Penentu Lolos Wawancara Kerja
Banyak pelamar yang gagal diterima kerja karena tidak lulus sesi wawancara. Tidak mudah memang, apalagi bagi pelamar yang jarang melakukan wawancara kerja. Untuk memudahkan agan saat proses wawancara, berikut ada beberapa pertanyaan dalam wawancara yang menentukan peluang agan diterima atau tidak.
Spoilerfor 1. Motivasi Bekerja:
Quote:1. Motivasi Bekerja
Motivasi dalam bekerja menjadi hal yang penting karena akan berpengaruh terhadap kinerja sang pelamar kedepannya.

Nanti akan ditanya, ‘kenapa Anda ingin bergabung di perusahaan ini?’ kita harus bisa mengemas jawabannya yang bisa menarik user bukan berarti kita ngasih jawaban yang bersifat teoritis tapi jawaban yang bisa memberikan upaya dan pengembangan perusahaan.

Contoh jawaban yang teoritis, misalnya Agan ditanya 'Bagaimana peran Anda saat berada dalam sebuah tim kerja?'. Kemudian agan menjawab, 'Saya berperan untuk saling membantu tim karena penting dilakukan demi meraih hasil yang maksimal'. Jawaban seperti itu dinilai teoritis karena pelamar tidak menjawab pertanyaan dengan jawaban yang nyata sesuai dengan pengalamannya.


Spoilerfor 2. Rencana ke Depan:
Quote:2. Rencana ke Depan
Rencana ke depan juga menjadi pertanyaan yang sensitif sehingga harus dijawab dengan tepat. Pelamar harus mempunyai rencana lebih dulu kedepannya mau seperti apa. Agan harus memberikan jawaban yang konsisten & menggambarkan karier lima tahun mendatang.

Jangan menjawab 'nggak tahu sih pak jalani saja', itu jawaban yang tidak diharapkan sama user, coba menjawabnya 'saya akan berkontribusi terhadap ini-ini, saya ingin mengembangkan perusahaan dengan cara ini-ini’.


Spoilerfor 3. Gaji:
Quote:3. Gaji
Biasanya akan ditanya harapan gajinya. Data tersebut untuk membantu Agan lolos sesi wawancara. Jika jawaban mengenai gaji terlalu tinggi bisa membuat pewawancara kurang menyukai agan. Namun kalau terlalu rendah bisa mempengaruhi persepsi pewawancara kalau agan merupakan orang yang tidak percaya diri.


Spoilerfor 4. Pengetahuan Mengenai Posisi yang Dilamar:
Quote:4. Pengetahuan Mengenai Posisi yang Dilamar
Pelamar harus memiliki pengetahuan luas mengenai posisi yang dia pilih. User juga biasanya mengetes berdasarkan tiga hal, sisi knowledge, skill, dan behaviour.

Seseorang yang melamar ke sebuah perusahaan sudah harus tahu pekerjaannya seperti apa. Pengetahuan itu harus dimiliki sang pelamar sebelum melakukan wawancara agar bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pewawancara.


Spoilerfor 5. Skill:
Quote:5. Skill
Setiap orang tentu memiliki keahlian berbeda-beda. Maka sebaiknya memilih posisi yang sesuai dengan skill agan saat melamar kerja. Keterampilan dalam bekerja juga menjadi pertanyaan penentu dalam proses wawancara.


Spoilerfor 6. Sikap:
Quote:6. Sikap
Saat melakukan wawancara kerja, user juga ingin mengetahui apa tindakan agan untuk mengembangkan perusahaan. Pewawancara mau mengetahui cara agan bersikap apakah sesuai atau tidak dengan posisi yang agan inginkan.

Jadi misalnya orang itu ngelamar jadi akuntan, dia punya knowledge akunting, skill, dan behaviour sebagai akuntan atau nggak.

Jumat, 01 Februari 2013

Cara Mengenali Pembohong di Sekitar Anda

Belakangan ini terungkap testimoni seorang ibu dari seorang anak SD di berbagai media, tentang praktek kebohongan kolektif saat UNAS. Singkat cerita, si anak yang tergolong pintar ini "diakali" oleh oknum gurunya agar mau memberikan contekan kepada teman-temannya yang lain. Alhasil, bukan mendapat dukungan karena dirinya mengungkap kebohongan, tragis bagi peradaban manusia saat ini justru di unjuk rasa oleh warga sekitarnya sehingga meninggalkan bekas trauma tinggal di lingkungan tempat tinggalnya tersebut.

Trit ini dibuat untuk menyegarkan kembali ingatan tentang pembawaan para pembohong disekitar kita, dikenali untuk di waspadai, di nasehati, kalau tidak berubah patut di cela dan dijauhi


Berbohong merupakan salah satu perilaku tak baik yang paling umum dilakukan oleh semua orang baik orang tua atau anak muda, bahkan anak kecilpun bisa berbohong. Terkadang sebagian orang menutupi kebiasaan berbohong itu dengan alasan mereka berbohong putih alias berbohong demi kebaikan.

Dalam percintaan, kehidupan bisnis, politik dan kehidupan sehari-hari, sangat penting sekali untuk dapat mengidentifikasi perbedaan antara kebohongan dan kejujuran. Sebenarnya, sangat sulit untuk mengetahui apakah seseorang itu berbohong atau tidak. Beberapa orang bisa berbohong dengan amat mudah seperti mereka mengatakan hal sebenarnya.

Namun, anda harus mampu memahami apakah seseorang yang berbicara dengan anda itu berbohong atau tidak. Kalau tidak, anda akan mudah ditipu oleh orang lain. Satu masalahnya adalah bagaimana cara anda tahu mereka berbohong atau tidak?

Dari semua perilaku manusia, mungkin berbohong adalah salah satu yang sulit dideteksi. Namun, ada beberapa hal yang dapat membantu anda cara mendeteksi ketika seseorang berbohong, antara lain


* Gugup. Berbohong memiliki gejala yang hampir sama dengan ketegangan. Dalam berbagai situasi ketika kita berniat untuk berbohong, kita dapat merasa gugup, saat mencoba menutupi kesalahan. Cara mudahnya yaitu mengetahui sifat dasar seseorang kemudian mengetahui perbedaannya. Jika seseorang biasanya terlihat santai, kemudian tiba-tiba sering berkedip dan melakukan gerakan mata yang tidak biasa, menjilat lidah dan menyentuh wajah dapat dijadikan ciri-ciri seseorang sedang berbohong.

* Perhatikan bahasa tubuh. Amati bahasa tubuh gestur yang tampak menutupi bagian tertentu dari wajah atau tubuh. Menyentuh hidung merupakan ciri khas dari gejala ketegangan. Saat Bill Clinton bersaksi di depan juri mengenai hubungannya dengan Monica Lewinsky, tubuhnya secara alami melakukan bahasa tubuh yang normal ketika menjawab dengan benar. Namun, ketika dia dipaksa lebih jauh mengenai hal itu, dia tampak menyentuh hidungnya setiap empat menit. Totalnya, sekitar 26 kali.

* Gelisah berlebihan. Perhatikan jika seseorang yang anda curigai berbohong, menggaruk atau menggesek pakaiannya. Jika anda tengah berbohong dan ingin menutupinya, kontrol pandangan anda dan tempatkan tangan anda dengan tenang tanpa terlihat tidak alami.

* Senyum berlebihan. Di samping dari tampilan menyeringai khas pembohong, studi menemukan orang tersenyum lebih banyak ketika mereka mengatakan yang sebenarnya.

* Percaya pada naluri anda. Seringkali kita bisa mendeteksi seseorang berbohong secara intuisi dibandingkan secara ilmiah. Mungkin benar jika pepatah kuno mengatakan, jika anda mencurigai seseorang berbohong, mungkin anda benar.

* Anda akan melihat bahwa orang yang berbicara pada anda menghindari kontak mata. Matanya akan lebih sering berkedip atau berputar ke arah lain. Hal ini mengindikasikan kondisi mental yang tidak nyaman.

* Orang itu menunjukkan kebingungan saat berbicara. Saat dia berbohong, dia akan memikirkan tentang kesalahannya pada waktu yang sama. Hal ini akan mengganggu perhatiannya dalam percakapan tersebut.

* Seorang pembohong sering kali bicara dengan sangat cepat atau dalam kalimat-kalimat pendek. Dia mencoba untuk menyudahi situasi itu secepat mungkin.

* Jika anda mengawasi bahasa tubuh pembohong dengan cermat, anda akan melihat bahwa bahasa tubuhnya seperti bentuk proteksi diri. Orang itu mencoba untuk melindungi diri sendiri dengan tindakan tertentu seperti mundur ke belakang, menyilangkan lengannya, atau meremas tangan.

* Pembohong berpura-pura kebingungan dalam percakapan. Dia menciptakan kebingungan tersebut sehingga dia bisa mendengar pendapat orang lain dan menyetujui mereka.

* Kadang kala, pembohong menunjukkan perilaku yang berkebalikan. Dia ingin berkata tidak tapi dia menganggukkan kepalanya.

* Biasanya, pembohong tidak siap untuk mengatakan kebohongan tersebut. Saat dia berbohong mengenai sesuatu, hal itu tidak direncanakan sebelumnya. Karena itu, jika anda menanyakan sesuatu tentang detailnya, maka dia tidak akan mampu menjawab pertanyaan anda dengan tepat. Dia akan kebingungan dan kehilangan konsistensi percakapannya.

* Tawa yang berlebihan dan rasa setia kawan berlebihan bisa menjadi tanda penting kebohongan. Pembohong itu ingin berpura-pura menunjukkan bahwa dia adalah teman anda, sehingga anda akan mulai mempercayainya.

* Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan anda untuk menentukan apakah seseorang berbohong atau tidak adalah dengan mendengarkan dengan baik. Jika anda mendengarkan dengan baik apa yang dikatakannya, maka anda dapat dengan mudah menemukan ketidak konsistenan dalam pembicaraannya. Inilah salah satu cara efektif untuk mengetahui apakah mereka berbohong atau tidak.

* Juga terlihat jelas apabila seseorang mengatakan kebohongan, dia cenderung akan memberikan penjelasan yang tidak penting. Dia akan memberi terlalu banyak detail tentang situasinya.

* Saat pembohong mengetahui bahwa pendengarnya tahu akan kebohongannya, dia akan segera merasa tersinggung. Hal yang sama terjadi dalam kasus percakapan melalui telepon. Orang yang berbohong cenderung menutup telepon atau cepat-cepat mengubah topiknya.

* Pembohong biasanya, mengatakan sesuatu yang tidak dikerjakannya. Terkadang juga membesar-besarkan hasil usaha yang dilakukannya.

* Sekali berbohong, akan membuat kebohongan lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Smoke scree sering dilakukannya.

* Bila berjanji, sering mengingkari. Sewaktu ada butuhnya, dengan semangat yang menggebu-gebu memberikan harapan yang luar-biasa meyakinkan. Namun ketika hajatnya sudah di dapat, biasanya lupa akan janji manisnya.

Tidak ada kehormatan bagi para pembohong, setidaknya tidak patut dimuliakan.

Dengan mengetahui tanda-tanda semua itu, mudah-mudahan anda akan dengan mudah memahami apakah seseorang berbohong atau tidak dan melindungi diri anda agar terhindar dari tipuan atau mungkin rayuan gombalnya.

10 Tanaman Alami Penghilang Bau Badan





1.Daun Sirih
Sudah sejak lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptic juga mengandung zat-zat aktif yangt mampu mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Mengandung bahan kimia di dalam minyak atsirinya : al. kadinen, kavikol, seneol, eugeol, karvakol dan zat samak.

Cara pakai : Beberapa helai daun sirih direndam dalam air panas, setelah dingin airnya diminum. Atau daun sirih dihaluskan bersama kapur sirih lalu di oleskan di ketiak.




2.Daun Bluntas

Biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir. Daun dan bunga bluntas mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptic. Kandungan kimia al. amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C.

Cara Pakai : dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus, boleh juga minum rebusan airnya.

Efek samping : dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.


3.Daun kemangi
Cara pakai : Dilalap mentah, biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.

Efek samping : meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.


4.Rimpang Temulawak
Kandungan kimia al. sapomin, flavioinoida dan minyak atsiri.

Cara Pakai : minum rebusan rimpang temulawak yang telah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan keseluruh tubuh hingga mengering.


5.Bunga Kecombrang
Cara Pakai : daun muda dan bunga di masak dan dimakan sebagai teman lauk. Di daerah tertentu dimasak sebgai sayur lodeh.


6.Jeruk Purut
Cara pakai : Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya.


7.Jeruk Nipis
Cara pakai : Air perasan jeruk nipis dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak.


8.Jahe
Sebagian besar orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual.

Cara pakai : diminum sebagai Wedang jahe.


9.Ketimun / mentimun
Cara pakai : Sari buah ketimun muda digosokkan ke ketiak setiap habis mandi.


10.Cengkeh
Cara pakai : beberapa kuntum bunga cengkeh direndam sehingga mengembang kemudian airnya diminum. Air rebusan beberapa kuntum cengkeh yang dicampur gula merah dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan dikala hujan.